Tutorial Belajar PHP Dasar

Dalam Tutorial Belajar PHP Dasar ini, duniailkom mencoba memberikan tutorial PHP yang cocok untuk programmer pemula. 44 Tutorial akan membantu anda untuk menguasai dasar-dasar bahasa pemograman PHP langkah-demi langkah mulai dari cara menginstall XAMPP, aturan penulisan PHP, tipe data, operator, struktur pemograman, dan function PHP.

Teori Dasar dan Sejarah PHP:

Cara Menginstal XAMPP dan Menjalankan PHP:

Aturan Penulisan PHP:

Tipe data dalam PHP:

Operator dalam PHP:

Struktur Pemograman PHP:

Cara Pembuatan Fungsi PHP:


Fungsi Bawaan PHP

PHP memiliki ribuan fungsi-fungsi bawaan. Memahami cara kerja dan cara penggunaan fungsi bawaan PHP ini akan sangat membantu kita untuk membuat kode program yang efektif dan efisien. Pada bagian ini Duniailkom akan menyediakan pembahasan mengenai fungsi-fungsi bawaan PHP.


Tutorial PHP MySQL

Tutorial PHP MySQL ditujukan untuk membuat koneksi antara database MySQL Server dengan bahasa pemrograman web PHP. Di dalam sesi ini kita akan membahas secara detail cara menghubungkan PHP dengan MySQL. Secara garis besar, terdapat 3 metoda koneksi yang akan dibahas, yakni menggunakan mysql extensionmysqli extension, dan dengan PDO.

PHP dan MySQL merupakan kombinasi bahasa pemrograman dan database paling poluler, sehingga cara penggabungan keduanya merupakan hal yang wajib dikuasai.

Pengantar Tutorial PHP – MySQL:

Koneksi PHP MySQL Menggunakan mysql extension:

Koneksi PHP MySQL Menggunakan mysqli extension:

Koneksi PHP MySQL Menggunakan PDO (PHP Data Object):


Tutorial Form PHP

Dalam Tutorial Form PHP ini duniailkom akan membahas cara menangani form HTML dengan PHP. Penggunaan form di dalam sebuah website adalah hal yang wajib. Mulai dari form search, form login, hingga form registrasi.

Metoda pengiriman form seperti GET dan POST akan kita bahas secara mendalam, termasuk tentang aspek keamanan sebuah form.


Tutorial Pemograman Berbasis Objek PHP

Pemograman Berbasis Objek atau Object Oriented Programming (OOP) merupakan standar pemograman modern saat ini. PHP sebagai bahasa pemograman web paling populer juga memiliki fitur lengkap dalam pemograman Objek.

Object Oriented Programming (OOP) terkesan sukar dipelajari, namun duniailkom mencoba menyajikan tutorial lengkap mengenai OOP di dalam PHP. Kita akan mulai mempelajari pengertian Object, Class, Property dan Method, kemudian akan masuk membahas konsep OOP yang lebih spesifik seperti encapsulation, inheritance, dan polymorfisme.


Artikel dan Informasi PHP

Dalam bagian ini, akan dibahas tentang artikel, berita, tips dan trik yang akan menambah wawasan anda seputar PHP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here