tidak bisa login cpanel

tidak bisa login cpanel

Pernahkan Anda mengalami tidak bisa login cPanel, padahal username dan password yang dituliskan ke di dalam form login sudah benar?

Kemudian disaat gagal akses ke cPanel, tiba-tiba muncul pesan layaknya ini:

IP ADDRESS HAS CHANGED.

Padahal Anda tidak melakukan perubahan apa-apa!

Mari kita lihat sebab permaslahanya

Mengapa Tidak Bisa Login cPanel?

Jadi begini, kegagalan login ke cPanel biasanya berlangsung gara-gara IP koneksi internet yang kita pakai pakai IP Dinamis. Maksudnya IP nya sering berubah-ubah secara berkala di dalam jarak pas kisaran 5-10 detik. Pendek sekali.

Alhasil pas kita hendak login cPanel, kemudian IP kita berubah, proses keamanan cPanel dapat me-logout aktivitas login tersebut.

Lalu, dari mana IP Dinamis ini muncul?

IP Dinamis selanjutnya disediakan oleh provider jaringan internet, dan itu sebetulnya suatu hal perihal yang diluar kendali kita selaku pengguna internet. Termasuk pihak penyedia hosting pun terhitung tidak bisa berbuat banyak untuk kasus ini. Karena sebetulnya sudah bukan kewenangannya.

Solusi Tidak Bisa Login cPanel

Berdasarkan pengalaman, untuk menanggulangi perihal tersebut, gunakan IP internet yang tidak berubah-ubah alias IP statis. Karena cPanel sendiri punyai proses keamanan yang tidak mengizinkan pergantian IP secara terus-menerus.

Oleh gara-gara itu, kalau memungkinkan, pakai IP static untuk kelanjutan fasilitas internet kita (IP Static tarifnya biasanya lebih mahal). Jika tidak, terpaksa kita pakai alternatif lain.

Berikut ini beberapa tipsnya, silakan disimak.

Opsi 1 – Ganti Jaringan Internet

Caranya, kalau sedang pakai koneksi internet WiFi, layaknya IndiHome, MNC Playmedia, Bolt, dan mengalami perihal tersebut, bisa coba restart modem internet-nya. Matikan sejenak, lalu hidupkan kembali. Atau semisal pakai koneksi internet ponsel (tethering), pindahkan jaringannya dari 3G ke 4G, atau 4G ke 3G.

Dengan begitu, IP internet Anda terhitung dapat berubah.

Opsi 2 – Gunakan Tool CPANEL PROXY

Ini adalah cara yang bisa dibilang semi-permanen. Dalam artian, apa-pun koneksi internet yang kita gunakan, pakai provider internet apapun, insya Allah tidak masalah. Kita selalu bisa login cPanel kendati IP internet-nya berubah-ubah.

Cara penggunaannya, yaitu:

#1. Silahkan download cPanel Proxy terlebih dahulu,  klik di sini. (Nama file hasil download biasanya – cPanelProxy.zip)

tidak bisa login cpanel

#2. Buat subdomain dengan nama cpanel. (Contoh – https://cpanel.domainanda.com)

tidak bisa login cpanel

#3. Upload file cPanelProxy.zip yang sudah Anda download, ke dalam directory cpanel yang telah Anda buat sebelumnya.

tidak bisa login cpanel

tidak bisa login cpanel

#4. Extract file cPanelProxy.zip tersebut.

tidak bisa login cpanel

#5. Lakukan pengetesan dengan membuka URL login cPanel yang sudah diisi script proxy selanjutnya via browser kesayangan Anda, sebagai semisal – https://cpanel.domainanda.com
(NB: ganti “domainanda.com” dengan nama domain punya Anda)

Kesimpulan

Penggunaan script / tool cPanel Proxy memang memadai ampuh untuk menanggulangi kasus tidak bisa login cPanel ini, tapi gunakanlah dengan bijak.

Mengapa demikian?

Karena siapapun yang login, dapat dianggap pakai IP localhost atau IP proxy dari server itu sendiri. Termasuk pihak-pihak yang bermaksud untuk meng-hack account hosting punyai kita. Karena biasanya hacker pakai IP dinamis supaya tidak gampang diketahui lokasi IP nya pas melaksanakan aktivitas hacking tersebut.

Saran saya, gunakanlah cara pindah jaringan internet terutama dahulu (opsi 1). Karena ini lebih praktis dan relatif tidak berdampak banyak pada account hosting kita. Jika sudah mentok, baru pakai metode cPanel Proxy.

Demikian tips singkat kita seputar trik / cara menanggulangi gagal akses ke cPanel, dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here