coretanbocahit.blogspot.com
Protokol merupakan sebuah ketetapan / standarisasi yang menyesuaikan terjadinya sebuah komunikasi antar host. Pada kehidupan nyata protokol ini disa dianalogikan sebagai sebuah bahasa yang kudu dipahami oleh kedua pihak jikalau menginginkan berkomunikasi. Dalam penerapannya, protokol jaringan komputer kudu mempunyai lebih dari satu kemampuan, yaitu efektifitas, kehandalan, dan kemampuan untuk mengirimkan lagi paket yang rusak.
  1. TCP/IP
    Transmission Control Protocol/Internet Protocol merupakan sebuah protokol jaringan komputer yang sementara ini paling banyak digunakan di dunia komputer. Protokol ini digunakan untuk menyesuaikan komunikasi antar host dalam sistem transfer data. Sebelum sebuah komputer mengirimkan data, komputer pengirim akan menegaskan link yang akan digunakan untuk mengirimkan data, apakah link mampu berjalan baik (ttl) atau tidak (rto). Setelah link dipastikan baik, knowledge akan dikirimkan dan protokol tcp/ip akan memecah knowledge yang dikirimkan menjadi paket-paket dan memberinya nomer urut sementara sampai ditujuan paket-paket berikut bisa diurutkan lagi berdasar nomer urut tersebut. Protokol ini terhitung sangat mungkin untuk mengirimkan paket-paket yang hilang ditengah jalan.
  2. UDP
    User Datagram Protocol merupakan protocol jaringan yang digunakan terhadap komunikasi internet, terhadap umumnya protokol ini digunakan terhadap komunikasi yang berwujud real time, seperti video streaming, voip, game online, dll. Tidak seperti  TCP/IP, protocol ini akan langsung mengirimkan knowledge tanpa menegaskan situasi link khususnya dahulu, protokol ini terhitung tidak akan memecah knowledge menjadi paket-paket, dan protokol ini terhitung tidak membawa kemampuan untuk mengirimkan knowledge yang hilang ditengah jalan.
  3. DNS
    Domain Name System adalah sebuah protokol yang bertugas untuk menerjemahkan sebuah ip address menjadi domain. Protokol ini kerap digunakan terhadap sebuah aplikasi yang umumnya mengakses internet, seperti web site browser, email, dll. Contoh penerapan protokol ini adalah ketika Anda mengetikkan url facebook.com di web site browser, maka browser akan mengakses halaman web site server facebook. Jika tidak ada DNS, maka Anda mesti menghafal ip address server facebook lantas mengetikkan ip berikut ke web site browser untuk membuka halaman web site facebook. Jika cuma facebook mungkin Anda sanggup menghafal, tapi jikalau Anda kudu mengakses google.com, gmail.com, youtube.com, twitter.com, dll, bisakah Anda menghafal seluruh ip address dari server-server tersebut? Maka dari itu diperlukan protokol DNS ini untuk memudahkan kita, dikarenakan Anda cenderung lebih gampang menghafal nama domain seperti facebook.com ketimbang ip address.
  4. ICMP
    Internet Control Message Protocol merupakan protokol yang biasa digunakan untuk kebutuhan trobleshooting. Contoh penerapan dari protokol ini adalah saat Anda menggunakan sarana ping. Ping akan mengirimkan sebuah icmp request dan meminta sebuah icmp replay, jikalau icmp replay sudah di terima berarti situasi jaringan dalam situasi baik, tapi jikalau icmp replay tidak di terima bisa dianggap bahwa jaringan tidak dalam situasi baik.
  5. SMTP
    Simple Mail Transfer Protocol merupakan protokol yang menyesuaikan sistem pengiriman email. Perlu diketahui bahwa ketika Anda mengirimkan e-mail ke rekan kita, sebenarnya e-mail berikut dikirimkan ke server e-mail, lantas rekan kita akan mengambil alih e-mail yang kami kirimkan dari server e-mail. Proses pengiriman e-mail diatur oleh protokol ini.
  6. POP3
    Post Office Protocol version 3 merupakan protokol yang menyesuaikan sistem pengambilan e-mail dari e-mail server. Protokol ini mengharuskan Anda untuk mengambil alih seluruh e-mail yang di terima tanpa terkecuali.
  7. IMAP
    Internet Message Access Protocol terhitung merupakan protokol yang menyesuaikan sistem pengambilan email. Namun berbeda dari POP3, protokol ini mengizinkan pengguna untuk pilih pesan yang akan diambil, melacak pesan-pesan tertentu, apalagi jalankan pengaturan seperti menghapus pesan tertentu, mebuat folder di server, dll.
  8. HTTP
    Hyper Text Transfer Protocol merupakan protokol yang bekerja pada WWW (World Wide Web). Contoh penggunaan protokol http ini adalah saat kita mengetikkan url facebook.com di browser, maka browser akan mengirimkan http request kepada server web, kemudian server web akan mengirimkan http response kepada browser dan browser akan menampilkan http response tersebut sebagai sebuah web page.
  9. HTTPS
    Hyper Text Transfer Protocol  merupakan versi aman dari http. Protokol ini akan melakukan enkripsi http request dan http response untuk menjamin keamanan data pada jaringan internet.
  10. SSH
    Secure Shell merupakan protokol yang memungkinkan untuk melakukan pertukaran data secara aman antar komputer. Pada penerapannya, protokol ini biasanya digunakan untuk mengendalikan komputer lain dari jarak jauh.
  11. FTP
    File Transfer Protokol merupakan protokol yang menjadi standarisasi aktifitas transfer file antar komputer pada jaringan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here