Panduan Lengkap Untuk Analisis Instagram

Bagi pengusaha online seperti Anda, memiliki akun Instagram bukanlah sekedar media untuk hanya posting konten, follow dan unfollow. Anda mesti tahu juga berapa orang yang me-like konten Anda, bagaimana statistik pertumbuhan pengikut berasal dari saat ke waktu.

Semua data-data itu dapat Anda dapatkan lewat fasilitas Instagram analitik. Namun, untuk mengfungsikan fitur ini, akun instagram Anda mesti diubah menjadi akun bisnis.

Instagram analitik bakal memeberi tahu bagaimana aplikasi ini bekerja untuk mendukung mewujudkan startegi pemasaran Anda.

Mengapa Anda Harus Memahami Instagram Analitik?

Dengan 25 juta + profil bisnis Instagram di seluruh penjuru dunia dan lebih dari 200 juta Instagrammer mengunjungi setidaknya satu dari profil ini setiap hari, sangat jelas bahwa para pebisnis wajib untuk menggunakan aplikasi ini.

Namun, jika Anda tidak tahu siapa yang melihat profil atau melihat iklan Anda, bagaimana kinerja posting dan story yang Anda buat, bagaimana perkembangan akun Anda, maka Anda hanya menghabiskan waktu ketika melakukan posting.

Lalu kenapa jika kita tidak mengevaluasi Instagram analitik secara teratur ?

Ini dia resikonya bagi bisnis Anda:

  • Menargetkan audiens yang salah.
  • Melakukan posting terlalu sering (atau malah jarang posting).
  • Mendorong pengunjung yang tidak relevan berkunjung ke situs Anda.
  • Mengabaikan mention yang berpeluang untuk kemitraan di masa depan.
  • Melakukan posting konten di jam yang tidak tepat dalam sehari atau hari dalam seminggu.
  • Menghilangkan peluang untuk mendapatkan keterlibatan pengikut terhadap bisnis Anda melalui komentar atau story.

Itu hanya sebagian dari kerugian yang Anda alami jika tidak memperhatikan analisa dari akun Instagram Anda.

Informasi yang Anda peroleh dari data Instagram analitik akan membantu meningkatkan cara menggunakan aplikasi Instagram untuk memaksimalkan promosi bisnis online Anda.

Analisis Profil Instagram

Analisis profil bisa langsung melalui halaman “Profil Saya” tempat di mana Anda melakukan posting sehari-hari, kemudian pilih “Insight”.

Anda akan memasuki halaman baru yang terdiri dari 3 kelompok yaitu, aktivitas, konten dan pemirsa.

Halaman ini akan menampilkan data yang diperoleh selama seminggu. Baiklah, mari kita lihat data apa saja yang ada di masing-masing kelompok.

Untuk kategori aktivitas Anda akan mendapatkan data sebagai berikut :

  • Impresi/Tayangan: Seberapa sering pos Anda dilihat selama jangka waktu seminggu.
  • Interaksi: Jumlah tindakan yang dilakukan pada akun Anda.
  • Jangkauan: Jumlah akun unik yang telah melihat pos Anda.
  • Kunjungan Profil: Jumlah total tampilan profil selama seminggu.
  • Klik Situs Web: Frekuensi pengunjung mengklik tautan ke situs Anda dari halaman profil Anda.
  • Klik panggilan/email: berapa kali pengunjung mengklik tombol panggilan/email dari halaman profil Anda.
  • Mention: berapa kali akun Anda disebutkan oleh pengguna lain.

Analisis Audience/Pemirsa Instagram

Siapa audiens target Anda? Saya yakin Anda memiliki demografi pengikut yang Anda inginkan. Setiap orang ingin agar orang-orang yang melihat dan berinteraksi dengan akun mereka adalah orang-orang yang berminat dengan bisnis mereka.

Instagram analitik juga menyediakan data ini. Berikut adalah faktor-faktor utama yang harus diperhatikan:

  • Lokasi teratas: Informasi ini memungkinkan Anda melihat lima kota dan negara teratas dari mana dan di mana pengikut Anda berada.
  • Rentang usia: Berapa usia pengikut Anda ? Ini cara mudah untuk mengetahuinya. Instagram memecahnya dengan rentang berikut: 13-17, 18-24, 25-34, 35-44, 45-54, 55-64, 65+.
  • Gender/Jenis kelamin: Pembagian pengikut Anda dipisahkan menjadi pria dan wanita.

  • Follower hour/Jam pengikut: Statistik yang sangat membantu untuk melihat lama waktu rata-rata pengikut Anda di Instagram.
  • Follower days/Hari pengikut: Bagian ini menunjukkan hari-hari dalam seminggu, pada hari apa saja pengikut Anda paling aktif menggunakan akun Instagram.

Analisis Pos Individual

Setelah Anda melihat bahwa profil Instagram Anda menjangkau audiens yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah, Anda harus memeriksa analisa setiap postingan yang Anda buat.

Lihat apakah setiap postingan mendapatkan respon dan tanggapan dari pengikut Anda. Ini adalah cara yang baik untuk melihat apakah konten yang Anda posting memiliki manfaat bagi pengikut Anda.

Berikut adalah statistik yang tersedia untuk setiap postingan:

  • Interaksi: Ini adalah tindakan yang diambil langsung dari postingan Anda. Setiap kunjungan ke profil Anda, link/tautan, atau pengunjung menggunakan tombol panggilan/email di setiap postingan akan dilacak dan direkam di sini.
  • Discovery: Fitur ini memungkinkan Anda menemukan konten baru dari akun yang saat ini mungkin tidak Anda ikuti.
  • Pengikut: Berapa banyak pengikut baru yang Anda dapatkan dari sebuah postingan.
  • Jangkauan: Berapa banyak akun unik yang dijangkau oleh postingan.
  • Impresi/Tayangan: Seberapa sering postingan Anda dilihat. Instagram juga membagi ini berdasarkan darimana postingan tersebut dilihat, dari geolokasi, dari tagar, dari profil, atau dari yang lainnya.
  • Menyimpan: Jumlah akun unik yang menyimpan posting Anda ke folder pribadi mereka.
  • Komentar: Jumlah komentar pada postingan Anda.

Analisis Instagram Stories/Cerita

Yang terakhir, kita juga bisa mendapatkan data dari Instagram story. Jika Anda tidak memanfaatkan fitur Instagram story ini, maka Anda akan rugi besar.

Fitur Instagram ini sangat popular sekali dan memberikan kesempatan untuk menjadikan merek Anda dikenal banyak orang.

Jika Story yang Anda buat menarik minat para pengunjung, maka ini adalah data statistik yang bisa Anda dapatkan  :

  • Impresi/Tayangan: Seberapa sering story Anda telah dilihat.
  • Jangkauan: Jumlah akun unik yang melihat story Anda.
  • Keluar: Seberapa sering seseorang keluar dari cerita Anda di tengah jalan.
  • Balasan: Jumlah total balasan ke video atau gambar di story Anda.
  • Wawasan orang: Ini akan mencantumkan akun yang telah melihat komponen tertentu dari cerita Anda.

Data Apa Yang Harus Anda Lacak?

Untuk membantu Anda agar tidak kebingungan karena kebanjiran data, ada beberapa tips pada bagian mana Anda harus fokus.

Sebelum Anda mulai menganalisis data, penting untuk mengetahui apa tujuan utama Anda untuk menggunakan Instagram ini.

  1. Apakah ini adalah strategi Anda untuk mengarahkan lebih banyak pengunjung ke situs Anda ?
  2. Apakah Instagram Anda dibuat sebagai komunitas bagi pelanggan untuk berbagi ide.
  3. Atau mungkin Anda membuat akun Instagram untuk meningkatkan kesadaran merek di antara audiens target Anda (pencitraan).
  4. Atau mungkin Anda memiliki lebih dari satu tujuan. Beberapa postingan mungkin diatur untuk mendorong kesadaran (pencitraan), sementara yang lain mungkin mencoba untuk mendorong penjualan.

Anda perlu menentukan apa tujuan menggunakan Instagram, sehingga Anda mengetahui data apa yang Anda perlukan ketika menggunakan Instagram analitik untuk keuntungan Anda.

Berikut adalah 3 tujuan umum dengan 3 data utama untuk dilacak.

# 1: Bangun kesadaran merek (pencitraan)

Jika Anda adalah perusahaan baru yang ingin membangun nama untuk diri sendiri atau bisnis mapan yang mencoba memasuki pasar baru atau meluncurkan produk baru, maka Instagram mungkin menjadi tempat terbaik untuk membangun kesadaran merek Anda.

Instagram adalah pilihan yang tepat, karena kemungkinan besar audiens target Anda ada dan menggunakan Instagram di suatu tempat.

Berikut ini data yang harus Anda fokuskan:

  • Jumlah pengikut: Pertumbuhan pengikut sesuai dengan pertumbuhan kesadaran merek. Jika Anda melihat peningkatan akun baru mengikuti akun Anda, maka ini adalah tanda bahwa merek Anda direspon positif di Instagram. Beberapa cara untuk menumbuhkan pengikut Anda adalah dengan menjalankan iklan dengan tujuan menambah pengikut, bermitra dengan merek-merek yang relevan denan bisnis Anda, dan mengadakan kontes di mana Anda mendorong orang untuk mengikuti akun Anda dan melihat postingan Anda.
  • Tayangan: Semakin banyak orang yang melihat postingan dan story Anda, semakin baik! Jika Anda ingin menumbuhkan kesadaran merek, maka Anda harus memastikan bahwa tayangan, story, dan tayangan akun Anda juga tumbuh.
  • Jangkauan: Jangkauan juga melacak jumlah tampilan untuk posting, story, dan akun Anda. Perbedaan antara jangkauan dan tayangan adalah bahwa jangkauan mengacu pada akun unik (bukan akun yang sama, yang melihat posting Instagram Anda beberapa kali). Untuk mendapatkan kesadaran merek, menumbuhkan jangkauan sangat penting.
# 2: Hasilkan lead/penjualan

Ini adalah tujuan yang sangat umum di kalangan pebisnis. Siapa yang tidak menginginkan lebih banyak penjualan?

Ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendorong penjualan melalui Instagram, termasuk menjalankan iklan bertarget dan memposting penawaran khusus untuk pengikut Anda.

Tetapi bagaimana Anda bisa mengevaluasi kesuksesan dari strategi ini ?

Ada 3 data teratas untuk dilacak:

  • Klik menuju situs : Pada iklan, posting, dan story Anda, Anda cenderung mendorong pemirsa untuk melakukan pembelian atau mengisi formulir pemesanan di situs. Melacak berapa banyak orang yang benar-benar melakukan ini akan membantu Anda mengetahui apakah upaya Anda membuahkan hasil.
  • Klik panggilan/klik email: Panggilan telepon dan email adalah indikator bagus bahwa konversi akan datang. Peningkatan pada titik ini adalah tanda bahwa strategi Instagram Anda berada di jalan yang benar.
  • Jam / hari pengikut: Perhatikan kapan pengikut Anda aktif di Instagram. Dengan mengetahui data ini Anda dapat menentukan kapan Anda harus memposting sebuah konten, kapan Anda menjalankan iklan, memposting konten ada waktu pengikut Anda sedang aktif tentu saja akan meningkatkan keterlibatan dengan akun Anda.
# 3: Bangun komunitas

Di instagram Anda dapat membangun komunitas yang interaktif, karena jenis postingan yang bersifat visual memiliki daya tarik lebih besar daripada tulisan.

Jika tujuan Anda adalah untuk mebangun komunitas, maka Anda harus terus memantau, merespons, data berikut:

  • Komentar: Pembicaraan komunitas. Lihat apa saja komentar yng muncul di tiap postingan Anda, berikan tanggapan dan terlibatlah dalam setiap komunikasi dengan pengikut Anda. Intinya, jangan pernah mengabaikan komentar, bahkan jika Anda tidak menyukainya.
  • Balasan Story: Sama seperti komentar, story adalah alat yang pas untuk membuat komunitas. Jika pemirsa story Anda meluangkan waktu untuk memberikan balasan, ini adalah pertanda bagus.
  • Keterlibatan: Terakhir, keterlibatan sangat penting dalam hal membangun komunitas. Melacak keterlibatan iklan, posting, profil, dan story Anda akan memastikan strategi Anda berada di jalan yang benar.

 6 Tools Instagram Analytik Terbaik

Semua orang sibuk, sangat-sangat sibuk….termasuk Anda. Terkadang menggali informasi melalui insight di Instagram terasa menyita waktu, aplagi kalau HP kita tertinggal di rumah, atau sedang tidak memegang HP.

Kabar baik! Ada alat untuk membuat pelacakan dan evaluasi analitik Instagram Anda lebih cepat dan mudah.

Inilah 5 teratas yang saya rekomendasikan untuk Anda coba.

#1: Tools Instagram Mbah WP

Nomor 1 tentu tools dari mbah wp dong… :). Saya beri peringkat 1 karena tools ini tidak kalah dengan tools milik luar, punya paket gratis dan harganya sangat Indonesia sekali bagi paket pro.

Tools instagram mbah wp dilengkapi dengan banyak fitur, mulai dari auto posting post secara terjadwal yang memungkin Anda mengatur jadwal posting secara otomatis di jam bahkan hari ketika pengikut Anda sedang aktif, auto follow, auto unfollow, auto DM, auto like, auto repost yang terakhir analyzer.

Fitur terakhir analyzer memiliki kemampuan untuk melacak peningkatan pengikut hari demi hari, tingkat keterlibatan, postingan terfavorit, hastag tertinggi, mention tertinggi dan masih banyak lagi.

Kerennya, Anda dapat menggunakan fasilitas autoposting secara terjadwal, auto like dan auto DM dari tools ini secara gratis.

Tertarik ? klik di sini.

# 2: Hootsuite

Hootsuite pertama kali menawarkan jasa untuk melakukan autoposting media social secara terjadwal – layanan ini sudah ada jauh sebelum Instagram booming.

Saat ini layanan mereka semakin luas, mereka memiliki alat untuk melacak analisa data dari media social Anda.

Untuk Instagram, Hootsuite adalah alat yang bagus untuk fokus pada data terkait tujuan untuk melacak kemajuan akun Anda dan membuat laporan visual/grafis.

# 3: Squarelovin

Squarelovin secara khusus berfokus pada Instagram Insights, sehingga menyediakan beberapa fitur pelaporan yang sangat membantu untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda.

Misalnya, mereka menampilkan bagan keterlibatan untuk melihat kapan konten Anda mendapat lebih banyak interaksi, serta grafik yang menunjukkan hari dan waktu terbaik untuk memposting konten.

# 4: Socialbakers

Socialbakers menawarkan beberapa alat analitik Instagram gratis yang menarik untuk membantu Anda membagi tagar, filter, postingan paling menarik, dan banyak lagi.

Alat ini juga menyediakan bagan yang merinci distribusi pos Anda selama 12 bulan terakhir, yang dapat membantu Anda mempertahankan konsistensi.

Socialbakers juga akan menganalisis profil Anda dan mengkategorikan Anda sebagai pemimpin, spammer, sleeper, atau pemalu untuk menentukan seberapa efektif strategi Anda.

# 5: Sprout Social

Jika Anda tertarik untuk membuat laporan pelanggan dan memata-matai pesaing Instagram Anda, Sprout Social bisa menjadi alat untuk Anda.

Lacak pertumbuhan pengikut, like, dan komentar Anda dengan grafik visual, dan lacak data serupa untuk akun pesaing Anda untuk melihat bagaimana Anda bersaing melawan pesaing Anda.

# 6: SocialRank

SocialRank adalah alat yang fokus untuk lebih memahami audiens Instagram. Menggambarkan  pola pengikut, kata-kata populer yang digunakan dalam biografi pengikut dan posting pengikut Anda, dan juga emoji populer yang digunakan di antara audiens target Anda.

Ini tidak hanya akan membantu Anda lebih memahami audiens Anda, tetapi juga akan membuat Anda menyesuaikan konten Anda secara lebih efektif.

Anda bisa memutuskan apakah perlu menggunakan alat bantu untuk menganalisa perkembangan akun Instagram Anda, atau cukup hanya mengandalkan data mentah yang diberikan oleh pihak Instagram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here