Cara Kerja Routing

Routing adalah istilah keseharian para network engineer. Begitu juga bagi kita yang sedang belajar networking. Routing akan menjadi bagian se hari-hari. Dengan demikian, memahami apa itu routing tentu adalah hal wajib.

Lalu apa sih sesungguhnya routing itu?. Ini tentu akan jadi pertanyaan bagi kita yang baru berkecimpung dalam dunia networking. Untuk memudahkan pemahaman, coba kita pahami analogi kehidupan sehari-hari berikut .

Misalkan kita berada pada persimpangan jalan, tentu akan sedikit bingung jika tak ada petunjuknya. Tentunya kita akan merasa repot jika disetiap persimpangan kita harus bertanya.Apa lagi kepada orang yang tidak tahu. Harusnya, di setiap persimpangan ada petunjuk jalan agar orang tidak bingung dan tersesat.

Untuk jalan yang rumit dan berputar-putar tidaklah cukup jika menggunakan petunjuk jalan biasa. Tetapi membutuhkan seperti polisi yang membawa HT dan memberikan informasi jalur mana saja yang bisa dilewati. Polisi ini akan selalu koordinasi beberapa kali sehari. Tujuanya agar jika ada jalan yang macet, ada tabrakan, ada pohon rubuh, polisi akan segera meng-update petunjuk jalan yang lain.

Begitu juga dengan alur komunikasi & transmisi data pada jaringan komputer. Routing adalah adalah proses pencarian path atau alur guna memindahkan (mengirimkan) informasi dari host sumber (source address) ke host tujuan (destinations address) melalui koneksi internetwork. Proses routing ini berjalan pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh lapis OSI, menggunakan perangkat yang disebut sebagai Router.

Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork  untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya.

Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda. Atau bahkan arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring. Router membutuhkan informasi-informasi sebagai berikut:

  • Alamat Tujuan/Destination Address – Tujuan atau alamat yang akan dirouting
  • Mengenal sumber informasi – Dari mana sumber (router lain) yang dapat dipelajari oleh router dan memberikan jalur sampai ke tujuan.
  • Menemukan rute – Rute atau jalur mana yang mungkin diambil sampai ke tujuan.
  • Pemilihan rute – Rute yang terbaik yang diambil untuk sampai ke tujuan.
  • Menjaga informasi routing – Suatu cara untuk menjaga jalur sampai ke tujuan yang sudah diketahui dan paling sering dilalui.

Jenis – Jenis Router

1. Router aplikasi
adalah sebuah aplikasi khusus yang diinstal pada sistem operasi komputer, sehingga komputer tersebut bisa bekerja melakukan routing seperti router. Beberapa aplikasi router adalah WinGate, WinProxy,  Winroute, SpyGate dll.

2. Router Hardware
Adalah sebuah hardware yang dirancang khusus dan memiliki kemampuan melakukan routing. Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah.

3. Router PC
Adalah sebuah perangkat komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC, harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang populer untuk router PC saat ini adalah Mikrotik OS

Fungsi – Fungsi Router

1. Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk mengirimkan data dari suatu network ke network lainya.

2. Router juga berfungsi untuk menstranmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya seperti Bridge.

3. Router juga berfungsi untuk menhubungkan jaringan lokal kesebuah koneksi DSL, biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memilki fungsi firewal untuk melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan paket tersebut. Namun tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur pelapisan paket dapat juga disebut sebagai packet – filtering router. Fungsi umum router ini memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan melambat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here