Tutorial Sublime Text Editor Fitur Unggulan Sublime

Mengapa sublime text menjadi salah satu text editor yang mempunyai nilai lebih di mata para programmer maupun designer?. Hal ini karena adanya beberapa fitur-fitur unggulan berasal dari sublime text dibandingkan dengan text editor lainya. Bukan sekedar ukuran nya yang terbilang ringan, sublime text mempunyai sebagian fitur yang sangat bisa mendukung kita di dalam mengetik syntax program dengan cepat dan terstruktur.

Berikut ini beberapa ulasan mengenai sebagian kelebebihan dari sublime text yang bisa kita rasakan manfaatnya selagi menulis kode-kode aplikasi pakai sublime text.

Membuat comment dengan cepat

Bagi teman-teman yang mungkin sedang mengerjakan sebuah aplikasi secara bersamaan atau tim, mungkin sublime bisa agak membantu dengan fitur comment nya yang bisa di buat dengan cepat. yaitu dengan hanya menekan ctrl + /.

fitur ini juga berguna untuk teman-teman yang baru belajar, bisa menggunakan comment untuk menandai sebuah syntax atau untuk tujuan mematikan fungsi syntax sementara waktu.

  • membuat comment sebaris – cukup dengan klik pada baris yang ingin di jadikan comment, kemudian tekan ctrl+/.
  • membuat comment banyak baris(multiple line) –  caranya blok dulu syntax yang ingin di buat menjadi comment. kemudian tekan ctrl+/.

fitur comment ini bisa di gunakan pada HTML, CSS, Javascript, PHP atau pun di bahasa pemrograman lain.

membuat comment dengan cepat

membuat comment dengan cepat

Memindahkan sebaris syntax dengan cepat

Fiture sublime text yang kedua, yang paling sering saya pakai adalah shortcut ctrl+alt+up/down. fungsi nya untuk memindahkan sebaris syntax langsung tanpa repot copy paste. caranya teman-teman tinggal klik pada baris syntax yang ingin di pindah kemudian tekan ctrl+alt+up(tombol atas) untuk memindahkan ke atas dan ctrl+alt+down(tombol bawah) untuk memindahkan ke bawah.

Memindahkan syntax dengan cepat

Memindahkan syntax dengan cepat

Menggandakan sebaris syntax dengan cepat

Fitur lainnya yang gak kalah penting nya adalah menggandakan sebaris syntax dengan cepat. Caranya tinggal klik pada baris yang mau fi gandakan, kemudian tekan ctrl+shift+D.

menggandakan sebaris syntax dengan cepat

menggandakan sebaris syntax dengan cepat

Cara cepat membuat element HTML atau PHP

Untuk mempercepat pekerjaan kita, sublime text menyediakan fiture yang bisa otomatis membuat dengan cepat element html kita dengan bantuan shortcut ctrl+spasi.

misalnya teman-teman ingin membuat struktur html dengan cepat. maka teman-teman cukup mengetik “html” saja. kemudian tekan ctrl + spasi. kemudian kerangka html akan terbentuk dengan sendirinya.

Kemudian jika teman-teman ingin membuat element html. cukup ketik nama elemennya saja. dan tekan ctrl+spasi.

Bukan hanya berlaku di html saja, si php juga bisa. ketik php dan tekan ctrl+spasi. tapi ekstensi file nya harus di file php.

Tutorial Sublime Text Editor Part 3 : Fitur Unggulan Sublime

Tutorial Sublime Text Editor Part 3 : Fitur Unggulan Sublime

Mengubah banyak text sekaligus

Dengan fiture ini, memungkinkan kita untuk mengubah text, element html, atau apapun dengan sekaligus.

Caranya blok saja yang ingin di ubah, kemudian tekan ctrl+d. ulangi sampai yang ingin di ubah terblok semua. selanjutnya tinggal mengubah nya secara sekaligus.

mengubah banyak text sekaligus

mengubah banyak text sekaligus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here