Cara Menjalankan Winbox Mikrotik di Linux Mint

Winbox adalah sebuah utility yang sangat familiar bagi para networker, terutama yang sering melakukan setting mikrotik. Mengkonfigurasi mikrotik melalui winbox memang akan jauh lebih mudah. Karena dengan tampilannya yang berbasis GUI, sehingga kita tidak akan susah untuk menghapal semua perintah-perintah pada Mikrotik. Selain itu dengan winbox pun anda bisa melakukan konfigurasi berbasis Text melalui new terminal nya.

Aplikasi portable yang kecil ini merupakan sebuah utility yang bisanya digunakan untuk melakukan remote ke perangkat mikrotik kita dalam mode GUI (Graphic User Interface) melalui komputer client yang berbasis Microsoft Windows. Lalu bagaimana jika kita ingin menjalankanya di komputer berasis linux? Pada artikel kali ini sebagai contohnya adalah menggunakan OS (Sistem Operasi Linux Mint).

Sebagaimana kita ketahui, bahwa untuk menjalankan Winbox Mikrotik pada Linux tidaklah semudah menjalankannya di Windows. Dikarenakan Winbox ini merupakan aplikasi berbasis Windows, sehingga jika dijalankan di Linux, kita harus terlebih dahulu menginstalkan WINE pada linux tersebut.

Cara Download Winbox Mikrotik

  1. Buka Website https://www.mikrotik.com. Lalu klik menu Software.
  2. Gulir halaman web sampai kebawah. Dan Klik pada Menu Winbox version 3.11 untuk mendownload.
  3. Jika sudah selesai, double click pada aplikasi winbox.
  4. Winbox Mikrotik berhasil dijalankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here