cara clear cache browser

 

Setiap kali Anda punya persoalan dengan website, keliru satu anjuran yang pertama kali akan sering Anda dengar dari seorang IT support biasanya adalah, “silahkan coba untuk menghapus cache browser Anda”, dan sejalan dengan itu sering terhitung terdengan kalimat, “dan hapus situs cookie browser Anda”.

Jadi apa cache browser ini? Apa yang disimpan, dan apa kegunaannya? Apa yang cache browser Anda lakukan? Mengapa kita kudu menghapusnya, dan bagaimana langkah melakukannya?

Perlu kita ketahui, bahwa peramban situs atau browser yang kita pakai, seringkali menaruh file berupa cookie dan cache.

Apa Itu Cache Browser?

Cache browser adalah lokasi penyimpanan sementara di komputer Anda, bagi file yang didownload oleh browser untuk menampilkan halaman situs web.

File yang disimpan secara lokal antara lain termasuk dokumen yang membentuk sebuah situs web, seperti file html, CSS style sheet, script JavaScript, serta gambar grafis dan konten multimedia lainnya.

Jadi ketika Anda mengunjungi sebuah website, browser akan memeriksa konten yang baru saja diperbarui dan hanya men-download file yang baru saja di update, atau menyimpan apa saja yang belum disimpan dalam ruang cache.

Hal ini akan mengurangi penggunaan bandwidth pada kedua belah pihak, baik dari sisi pengguna (pengunjung) dan juga dari sisi server, sehingga memungkinkan halaman website bisa dimuat lebih cepat.

Oleh karena itu, cache sangat berguna ketika Anda memiliki koneksi internet lambat atau terbatas.

Mengapa Kita Perlu Menghapus Cache?

Cache browser adalah lokasi penyimpanan sementara di pc Anda, bagi file yang didownload oleh browser untuk menampilkan halaman situs web.

File yang disimpan secara lokal antara lain terhitung dokumen yang membentuk sebuah situs web, seperti file html, CSS style sheet, script JavaScript, serta gambar grafis dan konten multimedia lainnya.

Jadi ketika Anda mengunjungi sebuah website, browser bakal memeriksa konten yang baru saja diperbarui dan cuma men-download file yang baru saja di update, atau menyimpan apa saja yang belum disimpan dalam area cache.

Hal ini bakal mengurangi penggunaan bandwidth pada ke-2 belah pihak, baik berasal dari segi pengguna (pengunjung) dan terhitung berasal dari segi server, supaya terlalu mungkin halaman situs dapat dimuat lebih cepat.

Oleh gara-gara itu, cache terlampau bermanfaat ketika Anda mempunyai koneksi internet lambat atau terbatas.

Cara Hapus Cache Browser Paling Mudah

Cara gampang untuk membershikan browser cache, dapat kita lakukan bersama memuat lagi (reload) halaman situs dan memaksa untuk menampilkan halaman tanpa information cache. Rumus biasanya adalah bersama memencet tombol [Ctrl] + [F5].

Mozilla Firefox

  • Muat ulang halaman website dan tanpa cache: [Ctrl] + [F5] atau [Ctrl] + [SHIFT] + [R] atau [Shift] + peramban tombol Reload
  • Clear cache: [Ctrl] + [Shift] + [Del], gunakan menu di bagian atas untuk memilih jumlah data yang ingin dihapus. Pilih mulai dari awal untuk menghapus semuanya. Klik tombol CLEAR BROWSING DATA

Google Chrome

  • Reload halaman: [Ctrl] + [F5] atau [Shift] + [F5] atau [Ctrl] + peramban tombol Reload
  • Muat ulang halaman website dan tanpa cache: [Ctrl] + [Shift] + [R] atau melakukan reload halaman di atas dua kali berturut-turut
  • Clear cache: [Ctrl] + [Shift] + [Del] gunakan menu di bagian atas untuk memilih jumlah data yang ingin dihapus. Pilih mulai dari awal untuk menghapus semuanya. Klik tombol CLEAR BROWSING DATA

Internet Explorer 9

  • Muat ulang halaman website dan tanpa cache: [Ctrl] + [F5]
  • Clear cache: [Ctrl] + [Shift] + [Del] kemudian klik tombol DELETE

Anda juga dapat menghapus cache melalui menu browser, seperti yang tertera di situs nya Google berikut ini:

Sekali lagi, cara yang tepat tergantung pada browser yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here