cara menambah domain

cara menambah domain

Bagi Anda yang sudah miliki akun hosting, menambahkan beberapa domain didalam satu hosting itu bisa dilakukan dengan mudah. Sebagai contoh, Anda udah miliki domain utama bersama nama domainutama.com, yang mana domain ini udah dihubungkan bersama sebuah akun hosting. Kemudian Anda ingin menambahkan domain lain bersama nama domaintambahan.com, yang nantinya akan digunakan untuk memicu web lain.

Untuk keperluan tersebut, Anda bisa menggunakan sarana Addon Domain, yang biasanya merupakan salah satu fiture yang sudah ada didalam pengelolaan HOSTING CPANEL.

Dengan menggunakan fitur Addon Domain ini, kita tidak kudu memicu akun hosting baru untuk sebuah domain.

Cara Setting Addon Domain

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menambahkan domain baru menggunakan fitur Addon Domain di Cpanel Hosting.

1. Login ke Cpanel Hosting – ketik URL http://domainutama.com/cpanel (ganti nama domainutama.com dengan nama domain milik Anda). Jika Anda masih belum paham cara login ke cpanel, silahkan klik disini.

cara menambah domain

2. Cari kolom Domain >> Addon Domains.

cara menambah domain

3. Isi form Addon Domain yang tersedia.

cara menambah domain

  • New Domain Name: isi dengan nama domain yang ingin di tambahkan.
  • Subdomain: otomatis terisi apabila telah mengisi nama domain.
  • Document Root: otomatis terisi apabila telah mengisi nama domain.
  • Klik tombol Add Domain.
  • Selesai.

Selanjutnya, pastikan Anda telah mengarahkan nameserver domain, ke hosting tempat dimana Anda akan menambahkan domain.

Sebagai contoh, nameserver domaintambahan.com harus diarahkan terlebih dahulu ke hosting domainutama.com, supaya bisa terhubung dengan hosting tersebut (hubungi pihak provider hosting jika Anda tidak mengetahuinya).

Untuk mengakses alamat “domaintambahan.com” ini, ada beberapa cara, yaitu:

  • http://domaintambahan.com (ini yang paling umum)
  • http://domainutama.com/domaintambahan
  • http://domaintambahan.domainutama.com

Untuk penggunaan domain yang udah ditambahkan terhadap suatu akun hosting, itu mirip seperti domain utama. Sehingga Anda juga mampu menginstal beragam aplikasi website, seperti menginstal WordPress maupun CMS lainnya, atau script HTML biasa.

Dan bersama metode ini, domain tambahan Anda miliki “direktori sendiri” supaya pengelolaan file nya tidak tercampur bersama domain utama.

Di Webhostmu, fitur Addon Domain ini mampu digunakan terhadap seluruh paket hosting. Jumlah domain yang ditambahkan adalah UNLIMITED, bermakna Anda mampu menambahkan domain lain sebanyak-banyaknya terhadap satu akun hosting. Batasannya cuma terhadap kapasitas hosting yang digunakan saja.

Tentunya langkah ini mampu jadi solusi bagi Anda yang idamkan memicu web tanpa kudu mendaftarkan hosting baru. Atau, kemungkinan space hosting yang lama tetap memadai besar, supaya sayang terkecuali tidak dimanfaatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here