Cara Membuat Daftar Isi Otomatis (Table Of Content) pada Microsoft Word

Table Of Content atau Daftar Isi Otomatis merupakan salah satu fitur yang terkandung pada Aplikasi Microsoft Word. Dengan ada fitur ini, bakal memudahkan anda untuk menyebabkan daftar isi. Secara otomatis pergantian halaman pada dokumen bakal merubah terhitung penomoran di dalam daftar isi.

Ada poin penting yang diperhatikan di dalam menyebabkan daftar isi di office, yaitu menjadikan semua kalimat (judul dari paragraf) yang bakal di buat daftar isi selanjutnya jadi “heading” dikarenakan heading ini nantinya bakal di atur jadi daftar isi cocok bersama dengan kuantitas paragraf yang ada.

Untuk memudahkan di dalam menyebabkan daftar isi yang bakal dijelaskan penulis, sebagai perumpamaan kita bakal memformat sebuah makalah layaknya selanjutnya ini :

Adapun langkah-langkah untuk membuat Table of Content pada microsoft word adalah :

  • Letakkan kursor mouse pada bagian kalimat yang akan diterapkan style. Lalu Terapkan Styles Heading 1 untuk Judul Utama pada dokumen, seperti Kata Pengantar Bab Pendahuluan sampai Bab Penutup, Daftar Pustaka, dll. Lalu terapkan juga Styles Heading 2 pada Sub Bab, seperti Latar Belakang, Tujuan Penulisan, dll. Terapkan juga Styles Heading 3 untuk sub-sub judul yang lainnya.

Setelah diterapkan, dokumen akan terlihat seperti berikut ini :

  • Langkah berikutnya, terapkan juga Style Heading 2 pada sub judul. Sehingga tampilannya akan menjadi seperti gambar berikut ini :

  • Setelah menerapkan styles pada semua bagian dokumen, anda tinggal menempatkan kursor mouse dimana daftar isi akan ditampilkan.
  • Kemudian Pilih Menu References, Lalu klik Table of Contents, Lalu pilih Automatic Table 2. Secara otomatis daftar isi akan muncul pada dokumen.

  • Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut ini :

Cara Update Penomoran Daftar Isi
Untuk melakukan update penomoran dalam Daftar Isi, anda dapat dengan mudah melakukannya. Langkah-langkahnya adalah :

  • Arahkan kursor mouse pada bagian atas Table of Content, lalu akan menampilkan menu Update Table. Lalu Klik tulisan Update Table tersebut

  • Pilih opsi Update entire table. Lalu klik tombol OK.

  • Hasilnya akan menampilkan penomoran terbaru sesuai dengan perubahan dalam dokumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here