WordPress tidak memiliki fungsi untuk mengekspor atau mengimpor widget. Ini bisa menjadi hal yang membingungkan jika Anda ingin mentransfer widget dari situs lain ke situs yang lainnya lagi.

Bila Anda menonaktifkan tema WordPress dan mengaktifkan tema WordPress yang lain, pengaturan widget kadang-kadang dapat hilang juga. Saya mengalami ini sendiri ketika saya mengubah blog saya dan melakukan perubahan pada blog yang baru. Sebagai hasil dari ini, saya harus mengkonfigurasi beberapa widget lagi. Tapi bagi anda yang mengalami hal tersebut anda tidak perlu kawatir, karena ada plugin yang bisa membantu untuk melakukan Export dan Import Widget.

Pada artikel ini, saya ingin menunjukkan dua plugin WordPress yang dapat membantu Anda melakukan backup, transfer, dan mengembalikan widget WordPress.

1. WIDGET IMPORTER & EXPORTER

Widget Importer & Exporter adalah plugin yang memungkinkan Anda untuk backup widget dalam format JSON dengan ekstensi .wie. Yang harus Anda lakukan adalah klik pada tombol widget export untuk men-download cadangan dari semua widget Anda.

widget-importer-exporter

Importir widget & Eksportir

Berikut hasil pengujian plugin, Seperti yang Anda lihat, plugin diimport ke situs baru. Tapi tidak semua terlihat bisa di import karena memang ada plugin yang belum terinstall. Widget untuk plugin yang tidak diaktifkan pada situs yang anda import tentunya tidak akan di diimport juga.

widget-importer-exporter-import

2. WIDGET SETTINGS IMPORTER / EXPORTER

Pilihan lain yang baik adalah Widget settings Importer / Exporter. Jika Anda ingin lebih mengontrol widget apa saja yang ingin Anda backup, plugin ini dapat memberikan anda pilihan, jadi tidak perlu semuanya.

widget-settings-export

Export Widget Anda

Jika sidebar tidak tersedia selama proses import, widget tersebut tidak akan diimpor. Oleh karena itu yang terbaik untuk memastikan bahwa Anda memiliki tema yang sama diaktifkan pada ekspor dan impor situs.

widget-settings-import

Jika Anda mencari untuk mentransfer widget dari satu situs ke yang lain, atau jika Anda hanya ingin menyimpan cadangan widget Anda, maka saya sarankan mencoba Widget Importir & Eksportir atau Widget Pengaturan Importir / Eksportir. Kedua plugin tersebut mudah digunakan dan akan memudahkan anda dalam melakukan setting widget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here