Lab 115 – Menyambungkan Windows dengan GNS3

Pada lab 115 ini kita akan belajar bagaimana cara menghubungkan network interface komputer windows kita dengan aplikasi GNS3. Tentunya kita juga sudah harus sudah menginstall GNS3 dengan baik sebelumnya.

Pertama, kita harus membuat loopback adapter pada windows terlebih dahulu. Untuk membuat loopback adapter  pada komputer winows caranya adalah:

Masuk ke untility run pada windows (bisa dengan menkan windows+r). Kemudian kita ketikkan hdwwiz dan enter. Maka akan muncul tampilan seperti berikut (gambar urutan perintah)

Gambar 1 Konfigurasi loopback adapter
Gambar 2 Konfigurasi loopback adapter
Gambar 3 Konfiguras loopback adapter
Gambar 4 Konfigurasi loopback adapter
Gambar 5 Konfigurasi loopback adapter
Gambar 6 Konfigurasi loopback adapter
Gambar 7 Konfigurasi loopback adapter

Sampai di sini kita sudah selesai konfigurasi loopback adapter pada komputer windows kita. Selanjutnya kita harus restart komputer, agar konfigurasi loopback adapter yang baru kita buat dapat berkerja secara baik.

Setelah restart, kita coba buka network and sharing center untuk melihat loopback adapter yang baru saja kita buat terletak pada ethernet berapa.

Gambar 8 Network and sharing center

Perhatikan bahwa loopback adapter yang baru kita buat terletak pada ethernet 2. Selanjutnya kita buka gns3 kemudian masukkan router dan host. Untuk contoh ini kita menggunakan router cisco

Gambar 9 GNS3

Pada host, tancapkan kabel ke ethernet loopback yang kita buat sebelumnya. Selanjutnya nyalakan router dan lakukan konfigurasi IP Address

Gambar 10 Konfiguras ip address di cisco

Selanjutnya kita konfigurasikan IP Address di windows

Gambar 11 Konfigurasi IP Address di windows

Sekarang kita coba lakukan ping dari windows ke cisco yang ada di GNS3

Gambar 12 Ping dari windows ke gns3

Oke sampai saat ini kita sudah berhasil menghubungkan windows dengan gns3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here