Apa itu MikroTik ?

Mikrotik adalah salah satu perangkat dalam dunia intenet (jaringan komputer) yang sangat populer. Banyak perusahaan, kantor-kantor hingga personal yang menggunakan mikrotik ini sebagai perangkat dalam memanage jaringan internetnya.

Kata Mikrotik sendiri berasal dari bahasa Latvia, yaitu “mikrotikls” yang artinya adalah Network Kecil. Mikrotik ini dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins sekitar tahun 1996. Sebenarnya Mikrotik merupakan sebuah nama perusahaan yang bergerak dibidang Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software) yang mendukung Jaringan Komputer. Cikal bakalnya mikrotik ini bermula dari John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova.

Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia.

Produk unggulan Mikrotik adalah Router, Firewall, Switch, dll. serta MikroTik RouterOS

Produk unggulan Mikrotik terdiri dari 2, yaitu Produk Software berupa MikroTik RouterOS dan Produk Hardware berupa Mikrotik RouterBoard.

MikroTik RouterOS

MikroTik RouterOS adalah sebuah Sistem Operasi berbasis Linux yang didesain khusus untuk fungsi-fungsi manajemen jaringan yang berskala kecil maupun yang sangat komplex. Fitur-fitur yang didukung Mikrotik antara lain adalah :

  • IP Routing : Static, policy, dynamic (RIP, OSPF, BGP), multicast
  • Interface : Ethernet, Wireless, Bridge, Tunnel, VPN, MPLS
  • Firewall : Filter, Mangle, NAT, L7 protocol, Fasttrack
  • Bandwidth Management : HTB, PFIFO, BFIFO, SFQ, PCQ, RED
  • Services (Server) : Proxy, Hotspot, DHCP, DNS, DDNS, NTP, User-Manager, Samba
  • AAA : Radius Client, IP Accounting, Traffic Flow
  • Monitoring : Graphs, Watchdog, Torch, Custom Log, SNMP, The Dude, Netwatch
  • Diagnostic Tools & Scripting : Ping, Tracert, Scheduller, Scripting, Capsman
  • VRRP
  • Dll

MikroTik RouterBoard

RouterBoard (RB) adalah suatu hardware khusus yang didesign untuk menjalankan RouterOS Mikrotik yang include didalamnya. Dengan adanya Routerboard kita memiliki sebuah router yang murah dan handal untuk menjalankan fungsi-fungsi manajemen jaringan. RB ini dapat menggantikan sebuah PC Router atau server.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here