apa itu domain, pengertian domain, domain

apa itu domain, pengertian domain, domain

Jika Anda membuka web seperti Facebook.com, Twitter.com, Google.com, Yahoo.com, Webhostmu.com, mampu dipastikan Anda tengah berkunjung ke alamat web tersebut. Ya, nama-nama alamat itu adalah nama domain.

Untuk pengertian domain ini, masih sering didapati orang-orang yang belum menyadari apa itu domain. Padahal sehari-harinya mereka terhitung kadang memanfaatkan internet dan membuka web seperti Tokopedia, Bukalapak, dan pasti saja tidak ketinggalan Facebook dan Twitter.

Lalu, apa itu domain?

Ibarat sebuah bangunan, tanah daerah bangunan berdiri adalah hosting, sedangkan bangunan adalah website, dan alamat bangunan selanjutnya adalah domain.

Seringkali orang terbalik-balik didalam menyadari makna ini. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian, saya pun begitu dulunya. Nah sekarang jadi kewajiban saya untuk memberikan kepada Anda. Untuk memilikinya, Anda harus membelinya di domain provider atau penyedia domain.

Satu perihal yang perlu diingat, nama domain ini bukan bermakna sesudah Anda belanja selanjutnya mampu jadi punya Anda seterusnya. Tidak… Kepemilikan nama domain ada jaman berlakunya. Minimal 1 tahun. Dan sesudah expired, Anda mampu memperpanjang terkecuali tetap dambakan menggunakannya.

Idealnya, kala menentukan nama domain yang hendak digunakan ada baiknya yang ringan diingat dan diucapkan. Sehingga memudahkan orang lain yang dambakan berkunjung ke web Anda. Coba Anda baca tips menentukan nama domain, di artikel selanjutnya dijelaskan bagaimana sebaiknya menentukan nama domain.

Selanjutnya, terkecuali Anda sudah miliki alamat domain, pastikan hubungkan bersama server hosting Anda agar domain selanjutnya mampu diakses. Istilahnya adalah pointing IP. Maksudnya arahkan alamat IP domain Anda ke IP hosting punya Anda. Setelah itu baru orang lain mampu menyaksikan Anda di internet.

Disamping itu ada terhitung lebih dari satu makna yang sering digunakan, seperti:

  • Sub Domain
  • Addon Domain
  • Parking Domain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here