Remote Login Mikrotik
Bagi seorang network Administrator, akses ke dalam sistem server adalah hak akses yang vital. Baik untuk melakukan konfigurasi maupun sekedar monitoring network. Namun masing-masing perangkat server,memiliki cara tersendiri untuk mengaksesnya. Begitu juga dengan Mikrotik. Nah, berikut adalah cara-cara akses login mikrotik yang bisa Anda gunakan. Ada 4 cara mengakses MikroTik Router, antara lain :

1. Akses Login Via Console/Command Mikrotik

Mikrotik bisa kita akses langsung via console/shell. Tentu hal ini berlaku bagi mikrotik yang memiliki port konsole, karena tidak semua perangkat mikrotik memiliki port console ini. Akses login mikrotik melalui console ini menggunakan aplikasi PUTTY (www.putty.nl).
Caranya akses login menggunakan putty ini cukup mudah. Namun syaratnya,mikrotik tersebut harus sudah memiliki ip address. Anda hanya butuh memasukan IP Mikrotik ke kolom Host Name pada aplikasi PuTTY. Remote Akses mikrotik dengan putty ini bersifat CLI (command line interfaces) seperti halnya pada new terminal winbox.
Cukup  ketikkan Ip Fir >>> lalu tekan TAB  >>> maka otomatis  shell akan melengkapi menjadi Ip Firewall. Lalu ketik “..” (titik dua) untuk kembali ke sub menu diatasnya, dan ketik “/“ untuk kembali ke root menu.

2. Akses Login Mikrotik Lewat Web Browser (Webfig)

Selain menggunakan console, mikrotik juga bisa diakses menggunakan web browser. Baik mozilla ataupun chrome.  Akses menggunakan browser ini dikenal dengan istilah webfig. Seperti halnya saat akses menggunakan putty, untuk mengakses mikrotik melalui webfig ini juga ada syarat yang harus dipenuhi,yaitu: mikrotik & komputer harus sudah terhubung secara logic. Artinya harus sudah tersetting IP addressnya dan bisa saling komunikasi. Hal ini karena kita harus mengetikan ip address mikrotik di url browser yang kita gunakan.
Contoh : ketik di browser IP mikrotik kita: 192.168.1.10

3. Akses Login Mikrotik Menggunakan Winbox

Winbox adalah salah satu tool remote mikrotik yang paling familiar di kalangan administrator jaringan.

Mayoritas network engineer mengenal aplikasi winbox dengan baik. Salah satu keunggulanya adalah bisa digunakan secara GUI maupun CLI. Selain itu, remote akses menggunakan winbox juga tidak mensyaratkan adanya ip address di mikrotik maupun komputer. Hal ini karena winbox bisa digunakan menggunakan mac-telnet. Berikut adalah tampilan awal saat kita mengaktifkan winbox seperti ini :
Untuk bisa mengakses mikrotik menggunakan winbox bisa dengan menggunakan IP Address Mikrotik maupun MAC Address nya.
Anda bisa mendapatkan winbox melalui webfig maupun download langsung dari mikrotik.com

4.  Akses Login Mikrotik Dengan Telnet

Kita dapat me-remote MikroTik menggunakan telnet melalui program aplikasi ”command prompt” (cmd)  yang ada pada windows yang fitur Telnet nya sudah diaktifkan. Namun, penggunaan telnet tidak dianjurkan dalam jaringan karena masalah keamanannya.
Contoh Tampilan remote akses mikrotik dengan telnet :
Untuk artikel & tutorial mikrotik lainya, silahkan kunjungi Daftar Kumpulan Tutorial Mikrotik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here